Breaking News
Loading...
Monday, October 15, 2012

Siapa Sangka, Gurun Sahara Punya 18 Danau Cantik



Sahara - Siapa tak tahu Gurun Sahara di Afrika Utara? Dataran gersang ini nyatanya punya kesegaran yang berada tepat di jantungnya. Tidak hanya satu, Sahara punya 18 danau yang terbentuk dalam ukuran, kedalaman, pewarnaan, dan rasa yang berbeda.

Gurun Sahara, padang pasir seluas 9 juta km2 ini, sudah populer di telinga wisatawan. Padang pasir terbesar di dunia ini punya panorama alam yang luar biasa. Berada di utara Afrika, gurun ini pun memiliki iklim yang panas. Namun di balik bukit-bukit pasirnya, ternyata Sahara menyembunyikan kesegaran yang berlimpah pada 18 danau yang terletak di jantungnya.

Lakes of Ounianga, danau-danau ini berada pada daerah yang sangat kering di utara Chad. Pada daerah ini curah hujan per tahunnya rata-rata tidak lebih dari 2 mm. Awalnya, sekitar 10.000 tahun yang lalu, Ounianga merupakan sebuah danau yang cukup besar di jantung Gurun Sahara ini. Akan tetapi, iklim kering selama ribuan tahun, Ouniangan menyusut dan angin yang besar menggerakkan pasir ke arah danau hingga membuat danau terbagi dalam cekungan dan bentuk yang lebih kecil.

Sampai saat ini, ada 18 danau yang membasahi jantung Gurun Sahara. Melansir situs World Heritage Convention UNESCO, Senin (15/10/2012), Danau Ounianga terbagi menjadi dua kelompok yang terpisah sekitar 40 km, yaitu Ounianga Kebir dan Ounianga Serir. 

Bentuk kedua danau ini sangat bervariasi dalam komposisi kimiawinya, beberapa sangat asin hanya bisa menjadi pelindung untuk beberapa kehidupan. Sementara lainnya, terasa lebih segar untuk habitat tanaman air, ikan, dan spesies lainnya.

Pada bagian Danau Ounianga Kebir, terdapat empat danau air asin. Dalam daerah ini, Danau Yoan menjadi yang terbesar dengan luas sekitar 358 hektar dan kedalaman mencapai 27 m. Air keempat Danau Ounianga Kebir memang sangat asin sehingga hanya dihidupi oleh ganggang dan beberapa mikro organisme lainnya. Di sekitar danau-danau ini juga terdapat desa dengan jumlah penduduk sekitar 9.000 orang yang tersebar di antara bukit-bukit pasir.

Lain Ounianga Kebir, beda pula dengan Ounianga Serir. Pada kelompok kedua ini terdapat 14 danau air tawar yang terpisahkan oleh bukit pasir. Banyaknya ilalang mengapung dan menutupi hampir separuh permukaan danau ini, mengurangi adanya penguapan.

Pada bagian Serir terdapat Danau Teli sebagai danau terbesar yang memiliki luas sekitar 436 hektar. Akan tetapi, Danau Teli hanya memiliki kedalaman kurang dari 10 m. Sebagai kumpulan danau air tawar, daerah ini menjadi rumah untuk hewan air terutama ikan. Oleh karena itu, Danau Teli menjadi bagian yang sangat penting dalam perjalanan di Gurun Sahara.

Dengan keunikannya ini, Danau Ounianga pun hadir sebagai panorama alam yang luar biasa dengan bentuk dan warna yang beraneka ragam. Namun, karena letaknya yang terpencil, hanya wisatawan benyali lebih yang bisa menemukan jalan tepencil di Chad. Hanya sekitar 500 wisatawan per tahun yang datang dan melihat secara langsung keindahan Danau-danau Ounianga.

0 comments:

Post a Comment

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.